20 Contoh Perusahaan Dagang Skala Kecil Hingga Besar

Bisnis adalah dunia yang luas dan menawarkan berbagai model yang berbeda untuk mencapai kesuksesan. Salah satu model bisnis yang umum ditemui adalah perusahaan dagang.

Dalam dunia bisnis, terdapat berbagai jenis perusahaan yang menjadi penggerak ekonomi. Perusahaan dagang menjadi jenis perusahaan yang banyak dan mudah kita temui. Karena perusahaan ini terdapat mulai dari kelas kecil hingga yang besar.

Apa Itu Perusahaan Dagang?

Perusahaan dagang adalah tempat di mana orang-orang menjual barang-barang kepada orang lain. Bayangkan seperti Anda pergi ke toko mainan untuk membeli mainan baru. Di toko itu, orang-orang bekerja untuk menjual mainan-mainan kepada pelanggan seperti Anda.

Perusahaan tersebut memiliki banyak mainan yang bisa Anda pilih, seperti boneka, mobil-mobilan, dan balon. Para pekerja di toko itu bekerja sama untuk membuatmu senang dengan memilih mainan yang Anda sukai dan membelinya. Itulah yang dilakukan oleh perusahaan dagang, mereka menjual barang-barang kepada orang-orang untuk membuat mereka senang.

Tujuan perusahaan dagang adalah untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan itu didapatkan dari selisih harga beli dan harga jual. Contohnya, perusahaan dagang membeli mainan seharga Rp10.000, lalu menjualnya seharga Rp15.000. Maka keuntungannya adalah Rp5.000.

Ciri-ciri Perusahaan Dagang

Namanya perusahaan dagang, tentu memiliki ciri tersendiri yang membedakannya dengan perusahaan yang bergerak di bidang lain. Berikut kami telah merangkum beberapa ciri dari perusahaan dagang, antara lain.

1. Bertujuan untuk Membeli dan Menjual Barang Atau Jasa

Perusahaan dagang lahir dengan maksud utama untuk melakukan aktivitas jual beli barang atau jasa. Umumnya perusahaan ini berfungsi sebagai perantara antara produsen dan konsumen dengan menawarkan produk atau layanan tertentu kepada pasar. Contohnya adalah toko ritel seperti supermarket atau minimarket yang menjual berbagai macam barang konsumen sehari-hari.

2. Terlibat dalam Kegiatan Perdagangan

Perusahaan dagang dapat beroperasi di berbagai tingkat, termasuk lokal, nasional, atau internasional. Sebagai contoh, perusahaan e-commerce seperti Amazon atau Alibaba tidak hanya beroperasi di tingkat nasional tetapi juga memiliki kehadiran internasional yang kuat. Sehingga terciptalah perdagangan lintas negara dengan transaksi secara online yang mudah dan nyaman.

3. Memiliki Stok Barang

ciri-ciri perusahaan dagang yang selanjutnya adalah kepemilikan stok barang. Perusahaan akan membeli barang dari pemasok atau produsen untuk disimpan dalam gudang mereka sebelum dijual kepada pelanggan. Sebagai contoh, distributor farmasi memiliki stok obat-obatan yang siap untuk didistribusikan ke apotek atau rumah sakit.

4. Adanya Proses Operasional yang Kompleks

Proses operasional perusahaan dagang mencakup serangkaian langkah, mulai dari pembelian barang dari pemasok, penyimpanan barang dalam gudang atau fasilitas penyimpanan lainnya, hingga penjualan barang kepada pelanggan. Misalnya, sebuah perusahaan grosir akan membeli barang dalam jumlah besar, menyimpannya dalam gudang, dan menjualnya kepada pengecer atau konsumen akhir.

5. Mencari keuntungan dari Barang yang Dijual

Keuntungan adalah tujuan utama dari perusahaan dagang. Perusahaan berupaya menjual barang dengan harga yang lebih tinggi daripada biaya pembelian mereka untuk menciptakan selisih harga yang menghasilkan keuntungan. Sebagai contoh, seorang pedagang emas akan membeli emas dengan harga tertentu dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan.

6. Menaati Peraturan Undang-undang

Perusahaan dagang harus mematuhi semua peraturan dan undang-undang yang berlaku di negara tempat mereka beroperasi. Mereka harus terdaftar sebagai badan hukum dan mematuhi peraturan pajak, ketentuan perdagangan, serta peraturan lingkungan yang berlaku di wilayah mereka beroperasi.

7. Terdapat Struktur Organisasi

Struktur organisasi perusahaan dagang mencakup manajemen tingkat atas, departemen penjualan untuk mengatur proses penjualan, departemen pemasaran untuk mempromosikan produk, dan departemen administrasi untuk menangani tugas-tugas administratif seperti akuntansi dan sumber daya manusia.

Contoh Perusahaan Dagang Skala Kecil Hingga Besar

Perusahaan dagang, dari skala kecil hingga besar, mencerminkan keragaman dan dinamika dalam dunia bisnis. Mulai dari warung kecil di sudut jalan hingga korporasi multinasional yang mendunia, perusahaan dagang menjadi tulang punggung ekonomi di berbagai tingkat.

Skala kecil seringkali dimulai dari usaha keluarga atau individu yang menawarkan barang atau jasa secara lokal, sementara perusahaan besar memiliki jaringan distribusi yang luas dan operasi yang kompleks. Agar kamu semakin paham tentang bisnis, kamu perlu menyimak informasi tentang beberapa contoh berikut.

1. Contoh Perusahaan Dagang Kecil

a. Toko kelontong

Pertama ada toko kelontong merupakan salah satu contoh perusahaan dagang kecil yang umum ditemui di berbagai sudut kota dan desa. Toko kelontong biasanya menyediakan beragam kebutuhan sehari-hari seperti makanan ringan, minuman, bahan pokok, dan barang kebutuhan rumah tangga lainnya.

Keberadaan toko kelontong sangat membantu masyarakat karena dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus pergi jauh ke pusat perbelanjaan. Selain itu, toko kelontong juga sering menjadi tempat bertemunya warga setempat, sehingga memiliki nilai sosial yang penting dalam sebuah komunitas.

b. Warung makan

Contoh perusahaan dagang kecil yang selanjutnya adalah warung makan yang merupakan bentuk perusahaan dagang kecil yang berfokus pada penyediaan makanan dan minuman. Warung makan biasanya menyajikan berbagai jenis hidangan lokal yang mencerminkan budaya dan tradisi daerah tempat warung tersebut berada.

Selain itu, warung makan juga sering menjadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk menikmati hidangan bersama serta berbincang-bincang. Hal ini membuat warung makan tidak hanya sebagai tempat kuliner, tetapi juga sebagai pusat interaksi sosial yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

c. Toko pakaian

Toko pakaian merupakan salah satu jenis perusahaan dagang kecil yang menyediakan berbagai macam pilihan pakaian dan aksesoris fashion. Toko pakaian biasanya menyesuaikan stok dan desainnya dengan trend mode yang sedang berlaku, sehingga menjadi destinasi utama bagi mereka yang mencari pakaian terkini.

Selain itu, toko pakaian juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pakaian tanpa harus pergi ke pusat perbelanjaan besar. Dengan berbagai pilihan yang ditawarkan, toko pakaian menjadi tempat favorit bagi banyak orang untuk berbelanja dan mengekspresikan gaya fashion mereka.

d. Toko buku

Toko buku adalah tempat di mana orang dapat menemukan berbagai jenis buku mulai dari fiksi, non-fiksi, hingga buku pelajaran. Toko buku seringkali menjadi tempat yang menyenangkan bagi para pecinta literatur untuk menjelajahi beragam judul dan penulis.

Selain itu, toko buku juga menjadi tempat yang penting bagi pengembangan budaya literasi dalam masyarakat. Dengan menyediakan akses mudah terhadap buku, toko buku membantu meningkatkan minat baca dan pengetahuan di tengah-tengah masyarakat.

e. Kios pulsa

Kios pulsa adalah contoh perusahaan dagang kecil yang menyediakan layanan isi ulang pulsa dan paket data. Kios pulsa biasanya tersebar di berbagai lokasi strategis seperti pinggir jalan, pasar tradisional, atau pusat perbelanjaan. Keberadaan kios pulsa sangat membantu masyarakat dalam melakukan transaksi pulsa dan pembelian paket data dengan mudah dan cepat.

Selain itu, kios pulsa juga sering menjadi tempat dimana masyarakat bisa melakukan pembayaran tagihan listrik, pembelian voucher game, dan layanan keuangan lainnya, sehingga menjadi pusat aktivitas ekonomi mikro yang penting di lingkungan sekitarnya.

Contoh Perusahaan Dagang Besar

a. Supermarket

Jika kamu mencari 10 contoh perusahaan dagang di Indonesia, pertama ada Supermarket yang merupakan toko ritel yang menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan, minuman, produk kebersihan, hingga barang-barang rumah tangga. Mereka umumnya memiliki ukuran yang cukup besar dan menawarkan produk dengan harga yang kompetitif.

Supermarket juga sering kali menawarkan layanan tambahan seperti toko roti, daging, dan produk-produk segar. Dengan menyediakan beragam pilihan dan kenyamanan berbelanja dalam satu tempat, supermarket menjadi tujuan utama bagi banyak konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

b. Minimarket

Kedua ada Minimarket, yakni toko ritel yang lebih kecil dibandingkan supermarket namun tetap menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari. Meskipun ukurannya lebih kecil, minimarket memiliki keunggulan dalam aksesibilitas karena sering kali tersebar di berbagai lokasi yang strategis, seperti dekat pemukiman penduduk atau perkantoran. Minimarket juga dikenal karena kemudahan dalam berbelanja dengan waktu yang lebih singkat dan suasana toko yang lebih nyaman.

c. Department Store

Untuk Department store menjadi toko ritel yang menawarkan berbagai jenis produk mulai dari pakaian, aksesoris, kosmetik, perlengkapan rumah tangga, hingga elektronik dalam satu tempat. Mereka sering kali memiliki beberapa lantai dengan setiap lantainya menyediakan kategori produk yang berbeda.

Department store menarik konsumen dengan berbagai merek terkenal dan pilihan produk yang luas, serta sering kali menawarkan layanan belanja yang eksklusif dan pengalaman berbelanja yang mewah.

d. Hypermart

Contoh perusahaan dagang hypermart adalah format toko ritel yang menggabungkan konsep supermarket dengan variasi produk yang lebih luas dan lebih banyak layanan. Mereka menawarkan berbagai macam produk mulai dari makanan, pakaian, peralatan rumah tangga, hingga elektronik dalam satu tempat.

Hypermart sering kali menempati area yang luas dan menawarkan pengalaman belanja yang lengkap dengan adanya fasilitas seperti food court, bioskop, dan pusat perbelanjaan yang terintegrasi.

e. Perusahaan Grosir

Terakhir perusahaan grosir adalah perusahaan yang menjual produk dalam jumlah besar kepada pengecer atau konsumen akhir dengan harga yang lebih murah. Mereka biasanya melayani pelanggan dalam jumlah besar, seperti toko-toko kecil, restoran, atau kantin.

Perusahaan grosir memainkan peran penting dalam rantai pasokan dengan menyediakan produk dalam jumlah besar dan harga yang kompetitif, membantu meningkatkan profitabilitas bagi pengecer dan konsumen akhir.

3. Contoh Perusahaan Dagang Internasional

contoh perusahaan dagang

a. PT Astra International Tbk

Astra International merupakan salah satu perusahaan dagang terbesar di Indonesia yang bergerak dalam berbagai sektor, termasuk otomotif, agribisnis, pertambangan, dan infrastruktur. Didirikan pada tahun 1957, perusahaan ini telah menjadi salah satu ikon dalam perekonomian Indonesia.

Astra International dikenal dengan portofolio bisnisnya yang luas, termasuk merek mobil Toyota, Honda, serta produk pertanian seperti bibit dan pupuk. Perusahaan ini juga memiliki jaringan distribusi yang kuat di seluruh Indonesia, menjadikannya salah satu pemain kunci dalam industri dagang Indonesia.

b. PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Indofood Sukses Makmur merupakan perusahaan makanan terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1990. Perusahaan ini memiliki beragam produk makanan, termasuk mie instan, minyak goreng, biskuit, dan makanan kemasan lainnya.

Dengan merek-merek terkenal seperti Indomie dan Sarimi, Indofood Sukses Makmur telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki operasi di luar negeri dan terus mengembangkan portofolio produknya untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang.

c. PT Unilever Indonesia Tbk

Unilever Indonesia merupakan bagian dari perusahaan konsumen global Unilever, yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1933. Perusahaan ini dikenal dengan berbagai produknya di berbagai kategori, seperti perawatan pribadi, perawatan rumah tangga, dan makanan dan minuman.

Merek-merek terkenal seperti Sunsilk, Lifebuoy, dan Pepsodent adalah bagian dari portofolio produk Unilever yang populer di Indonesia. Selain fokus pada inovasi produk, Unilever Indonesia juga aktif dalam berbagai program keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

d. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia yang didirikan pada tahun 1949. Sebagai salah satu maskapai penerbangan terbesar di Asia Tenggara, Garuda Indonesia menawarkan layanan penerbangan domestik dan internasional ke berbagai destinasi di seluruh dunia.

Maskapai ini dikenal dengan layanan berkualitas tinggi dan armada pesawat yang modern, termasuk Boeing dan Airbus. Garuda Indonesia terus berupaya meningkatkan pengalaman penumpangnya dan memperluas jaringan penerbangan untuk mendukung pertumbuhan pariwisata dan konektivitas Indonesia dengan dunia.

e. PT Pertamina (Persero)

Pertamina adalah perusahaan minyak dan gas bumi terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1957. Sebagai perusahaan milik negara, Pertamina memiliki peran penting dalam industri energi Indonesia, mulai dari produksi, distribusi, hingga pemasaran produk minyak dan gas.

Perusahaan ini tidak hanya mengoperasikan kilang minyak dan infrastruktur energi, tetapi juga berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan energi terbarukan untuk mendukung keberlanjutan lingkungan. Pertamina juga menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui kontribusinya dalam sektor energi.

f. PT Ace Hardware Indonesia Tbk

Ace Hardware Indonesia adalah salah satu perusahaan ritel terkemuka di Indonesia yang menyediakan berbagai produk peralatan rumah tangga, peralatan dan perlengkapan bangunan, serta kebutuhan taman dan outdoor.

Didirikan pada tahun 1995, Ace Hardware telah menjadi destinasi belanja favorit bagi konsumen yang mencari produk berkualitas dan layanan yang baik. Dengan jaringan toko yang luas di seluruh Indonesia, perusahaan ini terus berkembang dan menghadirkan inovasi dalam pengalaman berbelanja bagi pelanggan setianya.

g. PT Gramedia Asri Media

Gramedia adalah salah satu perusahaan media dan ritel terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tahun 1970-an. Perusahaan ini dikenal dengan jaringan toko buku Gramedia yang luas dan ragam produknya, mulai dari buku-buku lokal dan impor hingga alat tulis dan barang-barang kreatif.

Selain itu, Gramedia juga memiliki divisi penerbitan yang aktif menerbitkan buku-buku dari penulis-penulis Indonesia terkemuka. Sebagai pemain utama dalam industri ritel dan media Indonesia, Gramedia terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan preferensi konsumen.

h. Amazon Inc

Amazon adalah salah satu perusahaan dagang dan teknologi terbesar di dunia yang didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994. Selain sebagai salah satu toko daring terbesar yang menyediakan berbagai produk mulai dari buku hingga peralatan elektronik, Amazon juga memiliki layanan cloud computing yang terkenal, Amazon Web Services (AWS).

Amazon telah merevolusi cara orang berbelanja secara daring dan mempengaruhi berbagai industri dengan inovasinya dalam logistik, teknologi, dan layanan pelanggan. Perusahaan ini terus berkembang dan memperluas bisnisnya ke berbagai sektor, termasuk media digital, alat rumah pintar, dan produksi konten.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa contoh perusahaan dagang yang bisa kami sampaikan. Kamu bisa menyimak detail contoh tersebut agar nantinya memperoleh informasi yang jelas tentang perusahaan yang ada di Indonesia. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan wawasan untuk kita semua.

Leave a Comment